Pengelolaan Produk dan Pengembangan Produk Baru
Proses Pengembangan Produk Baru
Salah satu komponen bauran pemasaran yang terpenting adalah
produk.Keberadaanya merupakan penentu bagi program bauran pemasaran yang
lain,misalnya penentuan harga,program promosimaupun kegiatan distribusi.Selain
itu produk merupakan sesuatu yang esensial yang mampu untuk memenuhi kebutuuhan
pasar.Produk ditentukan atau dirancang oleh produsen tetapi sebenarnya
diproduksi untuk kepentiingan pasar juga.Oleh karena itu pengertian produk
tentu harus mempertimbangkan pandangan produsen maupun pandangan pasar.
Produk adalah segala sesuatu yang meliputi
objek,fisik,jasa,tempat,organisasi,gagasan,ataupun pribadi yang dapat atau
mampu ditawarkan produsen untuk diminta,dicari,dibeli,digunakan atau dikonsumsi
pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
Kotler dalam bukunya Marketing
Management (2009) mengemukakan bahwa ada delapan proses pengembangan produk
baru yaitu mencakup: pemunculan gagasan (idea generation), penyaringan
gagasan (idea screening), pengembangan dan pengujian konsep (concept
development and testing), pengembangan strategi pemasaran (marketing
strategy development), analisis bisnis (business analysis),
pengembangan produk (product development), pengujian pasar (market
testing), dan komersialisasi (commercialization). Dalam setiap
tahapan proses tersebut, manajemen akan mereview dan mengambil keputusan apakah
lanjut atau menghentikan proses pengembangan produk baru tersebut.
Langkah-langkah
penting dalam pengembangan produk :
1)
Pemunculan gagasan (idea generation)
Pengembangan baru dimulai dengan penelitian terhadap berbagai gagasan produk baru. Pemunculan gagasan baru harus sesuai dengan jenis usaha perusahaan dan konsumen sebagai salah satu sumber yang paling logis untuk mencari gagasan-gagasan produk baru.
Pengembangan baru dimulai dengan penelitian terhadap berbagai gagasan produk baru. Pemunculan gagasan baru harus sesuai dengan jenis usaha perusahaan dan konsumen sebagai salah satu sumber yang paling logis untuk mencari gagasan-gagasan produk baru.
2) Penyaringan gagasan (idea screening)
Tujuan penyaringan adalah mengurangi banyaknya gagasan dengan mencari dan menghilangkan gagasan buruk sedini mungkin.
3) Pengembangan dan pengujian konsep (concept development and testing)
Suatu ide atau gagasan yang lolos penyaringan selanjutnya dikembangkan menjadi beberapa alternatif konsep produk. Dalam hal ini, konsep produk berbeda dengan gagasan produk dan citra produk. Suatu gagasan produk adalah gagasan bagi kemungkinan produk yang oleh perusahaan dianggap bisa ditawarkan ke pasar. Suatu konsep produk adalah versi terinci dari ide yang diungkapkan dalam istilah konsumen yang punya arti. Sedangkan suatu citra produk (image) adalah gambaran khusus yang diperoleh dari produk nyata atau calon produk.
4) Pengembangan strategi pemasaran (marketing strategy development)
Pernyataan strategi pemasaran terdiri dari tiga bagian untuk memperkenalkan produk ke pasar. Bagian pertama menjelaskan ukuran, struktur, dan tingkah laku pasar sasaran, penempatan produk yang telah direncanakan, penjualan, bagian pasar, serta sasaran keuntungan yang hendak dicari pada beberapa tahun pertama. Bagian kedua dari pernyataan strategi pemasaran menguraikan harga produk yang direncanakan, strategi distribusi, dan biaya pemasaran selama tahun pertama. Bagian ketiga menjelaskan penjualan jangka panjang yang direncanakan, serta sasaran keuntungan dan strategi bauran pemasaran selama ini.
5) Analisis usaha (business analysis)
Bila manajemen telah menentukan konsep produk dan strategi pemasaran, perusahaan bisa mengevaluasi daya tarik usulan usaha itu. Manajemen harus menilai penjualan, biaya, dan perkiraan laba untuk menentukan apakah mereka telah memenuhi tujuan perusahaan. Jika telah memenuhi, produk bisa bergerak maju ke langkah pengembangan produk.
6) Pengembangan produk (product development)
Bila konsep produk lolos dari uji analisis usaha, konsep itu lalu menuju riset dan pengembangan dan/atau rekayasa untuk dikembangkan menjadi produk fisik. Bagian riset dan pengembangan membuat satu atau beberapa versi bentuk fisik dari konsep produk agar bisa menemukan sebuah prototipe yang memenuhi konsep produk dan dapat diproduksi dengan biaya produksi yang telah dianggarkan.
7) Pengujian pasar (market testing)
Pengujian pasar ialah keadaan dimana produk dan program pemasaran diperkenalkan kepada kalangan konsumen yang lebih otentik untuk mengetahui bagaimana konsumen dan penyalur mengelola, memakai, dan membeli-ulang produk itu dan seberapa luas pasarnya.
8) Komersialisasi
Tahap komersialisasi menyangkut perencanaan dan pelaksanaan strategi peluncuran (launching strategy) produk baru ke pasar. Dalam melemparkan suatu produk, perusahaan harus memutuskan: kapan, dimana, pada siapa, dan bagaimana.
Berdasarkan konsep
siklus hidup produk,yaitu terdiri dari beberapa tahap mulai dari tahap penelitian
dan pengembanngan,tahap perkenalan,tahap pertumbuhan,tahap kematangan dan tahap
kemunduran,dapat ita mengerti pada setiap awalnya perlu perencanaan produk baru
sebaik-baiknya.Selain itu juga diperoleh pemahaman bahwa setiap produk yang
mengalami kemunduran perlu dikembangkan lagi produk baru untuk menggantikan
produk lama.
Sumber :
- Referensi buku
- Google
- Wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar