Selasa, 11 Oktober 2011


Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat


  
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Dari pengertian beberapa para ahli tersebut dapat disimpulkan pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok untuk memeroleh apa yang mereka inginkan dengan timbal balik suatu barang atau jasa.
secara umum pengertian pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis,
dilihat dari pengertian pemasaran teerssebut dapat kita ketahui juga bagaimana peran pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat, selain dapat kita lihat dari pengertian pemasaran juga memilliki konsep pemasaran yang memasyarakatadalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia mebeli produk-produk yang mampu memenuhu kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen sehinggga tampak jelas peran pemasarn terhadap masyarakat (sosial) yaitu disamping bberusaha memenuhi kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraannya.
Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan :
1. Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan.
2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen.
3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.
Kegiatan Utama pemasaran 
Kegiatan-kegiatan pemasaran juga perlu dikoordinasikan dengan faktor-faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan perlu lebih banyak mengarahkan karyawan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran yang etis atau tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk-produknya memang aman sebelum diluncurkan.
 Kegiatan utama pemasaran atau juga disebut marketing mix adalah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variable yaitu
1.Produk
2.Struktur harga
3.Kegiatan promosi,dan
4.Saluran distribusi
 Empat hal tersebut bertujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan yang bisa memberikan kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan konsumen yang dipilih
Selain itu pemasaran juga harus memiliki strategi pemasaran yang merupakan pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1. Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
macam strategi pemasaran diantaranya:
Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.


Strategi Kebutuhan Selektif


 a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;

b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.


Peran manajer pemasaran dalam perusahaan berkaitan dengan jenjang manajerialnya, yakni jenjang korporet, jenjang unit bisnis strategik, dan jenjang operasional atau fungsional. Perusahaan yang berharap dapat berhasil perlu memfokuskan pada pemasaran. Filosofi seperti ini, disebut Konsep Pemasaran sangat membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan lainnya. Manajer pemasaran harus bekerja dengan banyak bidang lain dalam perusahaan yang satu sama lain saling bergantung dan mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan. 

Pemasaran memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di dunia global saat ini. Ini memastikan pertumbuhan ekonomi yang direncanakan dalam perekonomian berkembang dimana kelangkaan barang, jasa, ide dan pengangguran yang berlebihan, sehingga upaya pemasaran diperlukan untuk mobilisasi sumber-sumber ekonomi untuk produksi tambahan ide, barang dan jasa yang dihasilkan dalam pekerjaan yang lebih besar. Sekarang perubahan ekonomi dan sosial yang diperlukan untuk mewujudkan pembangunan suatu bangsa. perubahan sosial ini membawa secara terencana melalui teknologi pemasaran sosial. Sosial pemasaran dapat didefinisikan sebagai desain, implementasi dan kontrol programmer dihitung untuk mempengaruhi penerimaan ide-ide sosial dan melibatkan pertimbangan perencanaan produk, harga, komunikasi, distribusi dan riset pemasaran
 
Dengan pemasaran cepat berkembang, teknologi memainkan peran yang lebih penting dalam tuntutan menganalisis dan menggunakan informasi yang dikumpulkan skala besar dari pelanggan. Untuk memprediksi strategi bisnis konsekuen dengan menggunakan teknologi, diperlukan untuk mengevaluasi kinerja pelanggan, menemukan kecenderungan atau pola perilaku pelanggan. Untuk tujuan ini di dunia modern menggunakan teknologi pada tingkat maksimum dengan e-commerce, internet marketing dan jasa dll

Meskipun di beberapa negara berkembang, Pemerintah terlibat dalam upaya pemasaran agar dapat memberikan pemerataan pada biaya sosial minimum dengan menetapkan harga langit-langit dan lantai butir makanan dan bahan baku industri, pengaturan seluruh penjualan maksimal dan harga eceran produk konsumen yang langka dll menjamin kelancaran arus barang penting dan bahkan mempengaruhi keputusan yang berkaitan dengan distribusi dan iklan. Meskipun resesi ekonomi mempengaruhi pasar pada tingkat yang lebih besar, memainkan peran utama dalam pertumbuhan ekonomi.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa setap orang yang mendirikan suatu perusahaan tentu bertujuan untuk meproduksi suatu barang yang kemudian barang tersebut tidak disimpan begitu saja di dalam gudang melainkan harus dijual kepada konsumen untuk memperoleh laba,sehingga jelaslah bahwa pemasaran itu penting sekali bagi perusahaan terutama dalam masa globalisasi ekonomi sekarang ini yang juga sangat berpengaruh dalam kegiatan marketing.Globalisasi perekonomian seakan tidak lagi mengenal batas-batas antar negara yang menyebabkan semua kegiatan berlaku secara cepat dan tepat.
Melalui pemasaran,hasil produksi dapat diperkenalkan,dan dibeli oleh konsumen.Apabila hasil produksinya baiik,dapat menimbulkan kepuasan di hati konsumen maka mereka akan menjadi langganan ini harus menjadi titik sentral dari strategi pemasaran setiap produsen sehingga hasil akhirnya akan memaksimalkan pertumbuhan ekonomi untuk menyediakan standar hidup yang lebih tinggi untuk semua dan pengembangan tingkat ekonomi masyarakat




Sumber :  - Budiarto,Teguh,Dasar Pemasaran,2011:Universitas Gunadarma
                -Alma,Buchari,Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,2007:Alfabeta
                -Google,Wikipedia indonesia





caielearning.gunadarma.ac.id/webbasemedia
                                                                                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar